Sabtu, 02 Juni 2012

RENUNGAN "KESUKSESAN"

RENUNGAN "KESUKSESAN"
Oleh
Asy'ariy

Sering kita jumpai seseorang menjadi terkenal dan sukses karena peran orang lainnya. Seorang penyanyi menjadi terkenal karena sebuah lagu dan sebuah lagu tentu ada penciptanya yang sering kali tidak terekspos. Juga pendukung lain seperti aransemen musik dan musisi lainnya. Sudah bukan rahasia umum seseorang terkenal tidak menyebut siapa dibalik keterkenalan dan kesuksesannya itu. Bakat atau bentukan tetap ada peran penting orang lain yang mengantarkannya. Jika beruntung orang yang sukses dan terkenal yang sering disebut "public figure" masih sadar dengan mengkaitkan kesuksesan dan ketenarannya karena seseorang diluar sana.
Ini tidak dalam dunia pendidikan bahwa keberhasilan seorang anak didik tidak serta merta menjadi keberhasilan dia sendiri tapi menjadi keberhasilan guru dan lembaga pendidikan. Siswa sukses karena gurunya sukses mengajar dan guru yang sukses mengajar karena lembaga memberi peluang dan kesempatan serta dukungan penuh untuk sukses. Kondisi ini berbeda dengan dunia hiburan atau dunia gemerlap lainnya yang sering menafikan peran penting orang lain. Dunia pendidikan sebagaimana tuntunan agama bahwa belajar wajib hukumnya bagi muslim laki-laki atau perempuan, maka peran guru dan orang tua amat pentingg dalam pembentukan watak, perilaku, dan kepatuhan terhadap norma. Disinilah perlunya memaknai pentingnya merenung atas kesuskesan siswa. Bahwa kesuksesan adalah amanah dan amanah haruslah dijaga dan salah satu wujud syukur dari kesuksesan adalah selalu mengingat jasa orang lain dan berusaha berbuat baik kepada mereka.
SELAMAT ATAS KESUKSESAN DAN KEBERHASILAN DALAM UJIAN NASIONAL TAHUN 2012. SEMOGA BARAKAH DAN BERMANFAAR. SELAMAT PARA GURU SEMOGA ALLAH MEMBALAS KEBAIKAN ANDA SEMUA.

2 komentar: